Wednesday, November 23, 2011

SPD and Sarpio Level 1 training

Semangat pagi readers,

Kali ini aku mau cerita soal SPD. Apa itu SPD? SPD itu Simple Prospecting Day, yaitu prospek di tempat umum yang diselenggarakan selama 5 hari yang diadakan oleh grup Oriflame-ku SimpleBizNet. Mulai dari tgl 16 november sampai dengan 20 november 2011. Setiap harinya ada 3 shift, dimulai dari jam 10 pagi sampai dengan jam 9 malam. Acara SPD kali ini diadakan di ITC Depok. Kebeneran deket rumah gituuuh, kapan lagi ada kesempatan sebesar ini...ya kan?! Jadi diputuskan ikut, walaupun ada sedikit maju mundur...karena partner gak bisa ikut, tapi akhirnya meyakinkan diri untuk datang hari sabtu tgl 19 november karena abi menyanggupi untuk jaga anak2 sebelum acara ulang tahun sepupu mereka di Ciganjur jam 3 sore. Aku ambil shift 1, yaitu dari jam 10 pagi sampe jam 1 siang karena kupikir masih pagi, masih seger, masih semangat, belum sempet kejemur matahari....jadi soklah, kita mulai perjuangan :D
Jam setengah 10 aku sudah sampai, daftar ke admin, persiapkan alat perang dari mulai flyer simple, flyer promo, katalog dan yang paling penting....mental baja. Karena yang aku kerjakan ini bukan hal yang biasa buat aku, baru sekali ini aku praktek jadi SPG, mengajak orang, memperkenalkan brand, menunjukkan produk. Bener2 hal yang diluar kebiasaan yang gak pernah aku bayangkan bisa aku lakukan sebelumnya.
Alhamdulillah ya, gak pake lama2 mikir...10 menit aku berdiri, aku beranikan untuk menawarkan ke orang.....dan ditolak, berlanjut dengan enteng tanpa beban untuk penawaran-penawaran selanjutnya dengan respon yang sama...penolakan :D
Memang cara menolaknya beda-beda, ada yang sama sekali gak mau lihat sambil ngibasin tangan, ada yang cuma senyum dan bilang "makasih mba'", ada yang jutek sambil bilang "kemaren kan udah" yeeeeuh...rajin amat ke ITCnya bu sampe ngalamin ditawarin berkali-kali wkwkwkwkwkwk :P
Ada lagi seorang ibu yang baik lho, dia menolak tapi mau di "tawan" sebentar untuk ditanya2. Walaupun dia gak minat ikutan, tapi dia dengan baik dan sopan jawab semua pertanyaan yang aku tanyakan. Seneng banget, dia penyejuk hari itu sebenernya....ma kasih ya bu , walaupun ibu juga punya temen yang orifleman juga jadi gak mutusin untuk join, tapi ibu dah baik banget mau bersedia aku tanya-tanya :D
Satu hot prospek yang aku putuskan gak aku follow up karena memang keliatan banget dia gak mungkin join ke aku soalnya temennya juga orifleman dan dia sempet bilang "kalo saya mau join oriflame, saya sudah terlanjur janji untuk join sama temen saya itu mba'" ya wis...bukan rejeki ku. Yang penting hari itu buat aku adalah, tantangan buat aku dah aku lahap dengan sempurna...walaupun hasilnya jauh dari sempurna. Tapi hari itu aku belajar sesuatu, lebih menghargai pekerjaan orang lain. Karena berdiri 3 setengah jam itu pegel banget dan saat shift sudah selesai, kita ke food court dan duduk....rasanya nikmat banget. Kaya orang yang puasa seharian ketemu es kelapa....hahahahahaha agak lebay dikit gak apa2 lah yaaaa :P
Selesai dari sana aku beli hadiah untuk ponakanku yang ngadain pesta ultahnya yang ke-2 di rumahnya. Dapat laporan dari abi katanya anak2 sudah berangkat ke TKP dijemput Oomnya yang ambil mobil ke rumah. Baiklah...lega, jadi gak perlu buru2 pulang. Jam 2 lewat aku pulang kerumah dan sampe dirumah jam 3 kurang, istirahat sebentar sambil cekikikan cerita mengenai SPD ke abi. Duh...bersyukur deh punya suami yang mau ngerti istrinya. Toh ini bukan hura2 ya bi, ini perjuangan...sambil seneng2 :D :P
Selesai solat ashar berangkat ke ciganjur dibonceng mantan pacar. Duuuh, pacaran lagi kita...jarang2 lho bisa pelukan dimotor kaya gini. Karena biasanya pasti terhalang si sulung atau si bungsu :D Sesampainya disana ketemu banyak saudara, seneng banget karena kayanya dah lama gak ketemu...sementara abi harus balik lagi kerumah ngerjain kerjaan kantornya via online.
Besoknya aku dah deal sama abi untuk bisa datang ke training SARPIO yang dibawakan oleh mba' Ilna. Kupikir ini kesempatan besar, bisa dapat ilmu langsung dari founder #SimpleBizNet ya kan?! Alhamdulillah Aila ngga' rewel waktu aku pamit, jadi aku tenang ninggalinnya. Fatih gimana?? ketinggalan di rumah Oomnya, biasalah...PS lebih menarik daripada bengong di rumah :P
Awalnya ragu bisa sampe kesana, tadinya juga mau dianter sama abi...tapi karena beliaunya sedang flu berad, akhirnya gak jadi. Lagian enak berangkat sendiri yaaa, lebih enteng langkahnya ;)
Naik kereta dari UI sampai manggarai, lanjut naik 49 jurusan manggarai - pulo Gadung, turun di terminal rawamangun dan lanjut ke oriflame. Ah...gak salah emang aku ikut training ini, dapat ilmu banyak banget...dari cara paling tepat menjalankan system, bagaimana membina jaringan sampai bagaimana etika mengatur jaringan seperti mengatur spillover. Itu ada aturannya lho, walupun gak tertulis sih :D
Di akhir training ada perkenalan SM-SM baru, ada yang 6 bulan jadi SM bahkan 2 bulan 5 hari dah jadi SM yang membawa downlinenya yang baru join 1 bulan lebih sudah ada di level manager 15%. Disini mba' Ilna mencontohkan kuatnya hasil dari DUPLIKASI. Soooo...kamu semangat, downline pasti berkobar, kamu melempem...downline pasti tidur. Coba di camkan itu yaaa, terutama buat kamu yang baru2 tuh. Belum terlambat untuk ACTION OK?!!

Pulang dari training rasanya capeeeeek banget, janji pulang jam 4 tapi baru sampai jam 5 sore dirumah karena baru ada kereta ke depok jam 4.25 sore. Lelah memang....tapi ngga' percuma, baru kali ini aku merasa "I'm belong here, I will reach my success here, I'll push my self and never give up" GO SM!! GO DIAMOND!! ;)

No comments:

Post a Comment